Wednesday, January 02, 2013

WhatsApp di PC

Oke.... oke.. oke.. aku denger kok.... Punya hape... hape jadul.... Blackberry... boro boro, kalau tidak dibeliin kantor, mana aku mau beli BB pakai duit aku sendiri... :-). Android ?.... he.. he...he... Biarlah GalTab  orang rumah saja yang pakai.... Jadi gimana mau WhatsApp pakai PC ?.

Pilihan ada 3, Pertama: pakai Bluestacks (http://bluestacks.com), mumpung masih Beta, dan gratis. Inget ya... masih beta, kalau gak bisa jalan di komputer anda, jangan komplen..... karena masih Beta. :-). Gratis... :-)... cukup fair, gak bisa komplen karena Beta, dan gak perlu bayar. :-).

Kedua, pakai Youwave (http://youwave.com). US 14,99 untuk yang Gingerbread, dan US 19,99 untuk yang Ice Cream Sandwidch). Crack ?.... :-)..... sudah gak bisa lagi crack-nya. Hanya bisa trial 7 hari doang tuhh.. :-).

Ketiga, pakai AndroVM (http://androvm.org). Sayangnya cuma bisa emulasi tablet, sementara ini. Jadi WhatsApp tidak bisa jalan. WhatsApps hanya bisa jalan di smartphone. Download file file ISO dan atau file virtual yang spesifik untuk mesin2 laptop/komputer tertentu. Siap2 saja untuk download file2 gede.. :-)

Semua tiga pilihan diatas, mempunyai kelebihan dan kekurangan masing2. Bluestack, masih beta. Dan masalah utamanya adalah bluestack tidak bisa menggunakan VGA lama, akan muncul error bahwa perlu untuk mengupdate driver VGA. Namun meskipun sudah diupdate, tetap saja tidak bisa. Dan tidak ada solusi untuk hal ini. Apabila sewaktu install Bluestack di komputer muncul error seperti itu, lupakan saja untuk install Bluestack.

Youwave ?. Asal mau bayar saja, bisa kok pakai Youwave ?. Cuma maukah anda membeli software untuk menggunakan layanan yang free ?. Kenapa tidak semuanya free ?. :-).

AndroVM, he.. he. .he.. kalau tidak akan menggunakan WhatsApp, ini aplikasi sangat recommended untuk jalankan aplikasi2 Android di PC...

Apa akal ?.

Ada ungkapan yang menyatakan, apabila semuanya sudah mentok, kita coba kembali ke akar permasalahannya.... :-). Dimana akar permasalahan mengenai Android ini ?.... Ya, satu2 jalan adalah pergi ke Android-nya.... Android SDK..... (http://developer.android.com). But you have warned yaa...... Apabila di komputer anda sudah ada java versi lama (versi 6 dan sebelumnya), dan aplikasi2 anda menggunakan java 6, pilihan anda hanya install VirtualBox, dan buat satu OS dalam VirtualBox itu yang akan jalankan Android SDK ini. Kalau tidak aplikasi java versi lama anda akan error. Saya sudah peringatkan sebelumnya yaa...

Pilihan anda di Android SDK ini, anda bisa langsung download satu paket-nya (ADT), yang besarnya 400-500 MB. Atau anda download java versi 7, terus SDK tools-nya, dan kemudian download image android-nya. Anda bisa download semua versi androidnya. Dari yang versi 1 sampai versi 4. :-)

Nah.... sementara ini dulu... besok kita explore mengenai instalasi Android SDK dan WhatsApp-nya




No comments: